buku sejarah indonesia

Friday, June 03, 2005

Sekilas Tentang Indonesia

Sekilas Tentang Indonesia
Indonesia berdiri menjadi sebuah negara pada 17 Agustus 1945 setelah merdeka dari penjajahan Belanda. Nama resmi Indonesia adalah Republik Indonesia. Ibukota Indonesia saat ini adalah Jakarta. Namun, dalam sejarah, ibukota Indonesia pernah pindah ke Yogyakarta (4 Januari 1946 - 27 Desember 1949) dan Bukit Tinggi (22 Desember 1948). Bahasa resmi negara adalah Bahasa Indonesia. Kemudian, ideologi negara adalah pancasila. Panca adalah lima dan sila adalah dasar. Jadi, pancasila adalah lima dasar yang menjadi ciri utama negara Republik Indonesia. Bendera negara Indonesia terdiri atas dua warna merah dan putih. Merah melambangkan keberanian dan putih melambangkan kesucian.
Indonesia berasal dari kata dalam bahasa Yunani indo yang berarti 'India', dan nesos yang berarti 'kepulauan'. Jadi, Indonesia berarti 'kepulauan India'. Nama Indonesia diperkenalkan pertama kali oleh ahli etnologi Inggris, G.R. Logan, pada 1850. Selain nama resmi Indonesia, juga sering dipakai nama lain seperti nusantara. Nama ini berasal dari kata dalam bahasa Sanskrit nusa 'pulau' dan antara 'berkaitan'. Jadi, nusantara berarti 'pulau-pulau yang saling berkaitan'^ atas
Geografi
Indonesia merupakan negara kepulauan dengan panjang 5.120 km. Total wilayah indonesia adalah 1.919.440 km2. Sampai tahun 2001, pulau-pulau Indonesia berjumlah 18.110. Namun, hanya ada lima pulau besar yang menjadi pulau utama, yakni Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Ibukota Indonesia, Jakarta, berada di Pulau Jawa. Meskipun tidak besar, Pulau Bali justru lebih terkenal di dunia daripada pulau-pulau lainnya di Indonesia.
Karena terletak di sekitar ekuator atau khatulistiwa, iklim di Indonesia adalh tropis. Suhu rata-rata per tahun adalah 26.8. Curah hujan di hampir semua wilayah Indonesia cukup tinggi, berkisar antara 200 cm. Hanya ada dua musim di Indonesia, yakni musim panas (April —Agustus) dan musim hujan (September — Maret).
Karena wilayah Indonesia luas, waktu di Indonesia dibagi menjadi tiga bagian waktu. Waktu Indonesia Barat (WIB) (GMT+7) meliputi Sumatera, Jawa, dan Kalimantan@ Barat. Waktu Indonesia Tengah (WITA) (GMT+8) meliputi Kalimantan yang bukan bagian barat, Bali, Sulawesi, dan Nusatenggara. Waktu Indonesia Timur (WIT) (GMT+9) meliputi Maluku dan Papua.
Menurut data sampai awal tahun 2004, di Indonesia ada 32 propinsi. Dari 32 propinsi, terdapat 3 propinsi yang mempunyai kategori istimewa, yakni Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Nanggroe Aceh Darussalam (NAD). DKI Jakarta merupakan propinsi khusus yang menjadi ibukota negara. Dari aspek sejarah, DIY merupakan propinsi khusus karena gubernur propinsi ini adalah Raja Yogyakarta yang bergelar Sri Sultan Hamengku Bhuwono. Sementara itu, NAD menjadi propinsi khusus karena sejarah dan hukum syariat Islam yang ada di propinsi itu.^ atas
Penduduk
Menurut estimasi Juli 2003, Penduduk Indonesia berjumlah 234.893.453 orang. Orang-orang yang tinggal di Indonesia terdiri atas ratusan suku atau etnis. Ada etnis yang besar dan ada yang kecil (Untuk melihat etnis di Indonesia lebih lengkap, silakan klik di sini: etnis di Indonesia). Etnis besar di Indonesia antara lain adalah Jawa, Sunda, Madura, Melayu, Bali, Minangkabau, Batak, Dayak, Bugis, dan Cina. Karena negara yang multietnis, bentuk fisik orang Indonesia berbeda-beda menurut etnisnya.
^ atas
Budaya
Indonesia adalah negara yang mempunyai tradisi religi atau agama yang cukup kuat. Ada lima agama besar di Indonesia, yakni Islam, Katolik, Protestan, Hindu, dan Buddha. Dalam beberapa tahun ini, setelah tahun 1998, Kong Hu Cu juga mulai kembali berpengaruh di Indonesia. Kebudayaan Indonesia juga bermacam-macam menurut etnisnya. Kebudayaan itu meliputi banyak hal, seperti sistem religi, hukum, arsitektur, obat-obatan, makanan, dan kesenian. Informasi lebih jauh tentang hal ini dapat dilihat melalui link di dalam situs ini.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home